Selasa, 04 Oktober 2016

Minyak Atsiri Komoditas Top Indonesia


Data statistik ekspor-impor dunia menunjukan bahwa konsumsi minyak atisiri dan turunannya naik sekitar 10% dari tahun ke tahun.Industri yang paling banyak menggunakan minyak atsiri adalah industri food flavoring, kosmetik  dan fragnace. Selebihnya ada industri farmasi, pengendalian hama dan serangga, dan lain-lain. Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara penghasil minyak atsiri dan masuk dalam 10 besar di dunia. Minyak atsiri yang dihasilkan di Indonesia berbagai macam, ada minyak pala, nilam, cengkeh, mawar, melati, gaharu, dan masih banyak yang lainnya.
Beberapa minyak atsiri andalan Indonesia :

1. Nilam (Patchouli)
Dalam perdagangan internasional nilam dkenal sebagai pathcouly. Minyak nilam digunakan sebagai fiksasif atau pengikat bahan-bahan pewangi lain dalam komposisi parfum dan kosmetik. Perkiraaan pemakaian dunia pada tahun 2006 sekitar 1500 ton / tahun dan Indonesia adalah produsen utama.

2. Akar Wangi (Vetiver)
Komponen yang menyusun minyak akar wangi yaitu: vetiveron,  vetiverol, vetivenil, vetivenal, asam palmitat, asam benzoat, dan vetivena. Banyak digunakan sebagai bahan baku kosmetik, parfum, dan bahan pewangi sabun. Minyak akar wangi mempunyai bau yang menyenangkan, keras, tahan lama, dan disamping itu juga berfungsi sebagai pengikat bau (fixative). Perkiraan permintaan dunia lebih dari 200 ton / tahun dan  Indonesia merupakan pemain penting.

3. Sereh Wangi (Citronella)
Komponen terpenting dalam minyak sereh wangi adalah sitronellal dan geraniol. Kedua komponen tersebut menentukan intensitas bau, harum, serta nilai harga minyak atsiri, sehingga kadarnya harus memenuhi syarat ekspor agar dapat diterima. Minyak ini digunakan dalam industri, terutama sebagai pewangi sabun, sprays, desinfektans, pestisida nabati, bahan pengilap, peningkat oktan BBM dan aneka ragam preparasi teknis. Perkiraan pemakaian dunia pada tahun 2007 lebih dari 2000 ton / tahun dan Indonesia adalah 3 besar  dunia produsen minyak sereh wangi.  Italia adalah salah satu negara yang mengambil secara rutin produk minyak sereh wangi dari Indonesia.

4. Cengkeh (Clove)
Produksi minyak cengkeh Indonesia pada tahun 2007 sekitar 2.500 ton dengan perkiraan pemakaian dunia sekitar 3.500 ton / tahun (Mulyadi, 2008). Walaupun demikian volume ekspor minyak cengkeh sangat kecil, karena sebagian besar minyak cengkeh sudah diolah menjadi produk turunannya sehingga yang diekspor lebih banyak pada produk turunannya, seperti eugenol, eugenol asetat, dll.


5. Pala (Nutmeg)
Minyak pala juga terutama digunakan dalam industri parfum dan pasta gigi. Indonesia memegang peranan penting dalam pasar dunia karena sebagian besar kebutuhan pala dunia berasal dari Indonesia. Lebih dari 60% kebutuhan pala dunia berasal dari Indonesia dengan volume ekspor lebih dari 200 ton/tahun.

6. Jahe (Ginger)
Komponen utama dalam minyak jahe adalah zingiberen, dan zingberol yang menyebabkan bau khas minyak jahe. Minyak jahe digunakan sebagai bahan baku minuman ringan (ginger ale), dalam industri penyedap, farmasi dan wangi-wangian. Indonesia masih sebagai produsen jahe ketiga terbesar dunia di pasar global, padahal secara iklim dan kesesuaian lahan Indonesia sangat potensia, sehingga potensinya dapat ditingkatkan.

7. Kenanga (Cananaga)
Dalam industri, minyak kenanga biasa digunakan sebagai bahan pewangi sabun. Minyak kenanga hanya diproduksi di Indonesia dengan output sebesar 20 ton/tahun.

8. Cendana (Sandalwood)
Komponen utama dalam minyak cendana adalah santanol. Perkiraan permintaan dunia lebih dari 50 ton/tahun. Indonesia pernah menduduki peringkat ke-2 dunia produsen minyak cendana. Sandalwood oilmemegang peranan penting dalam industri wewangian. Selain dapat digunakan untuk minyak wangi sendiri, dapat pula untuk pengikat minyak wangi mahal (Violet, Cassie, Rose, Reseda, dan Ambete).

9. Masoi
Minyak masoi dihasilkan dari proses penyulingan kulit kayu masoi, mempunyai  bau wangi (sweetish oil) dan terasa pedas jika terkena kulit. Minyak ini mengandung sekitar 80% eugenol, dan 6% terpene dan safrole. Minyak ini merupakan sumber natural laktone. Kandungan safrole dalam minyak masoi dibutuhkan dalam industri kimia, untuk pembuat heliotropin, bahan baku celluloide (film), kosmetik dan wewangian. Minyak masoi diproduksi di Indonesia dengan output lebih dari 5 ton per tahun.

10. Kayu Manis (Cinamon / Cassia)
Minyak kayu manis yang diperoleh dariCinnamomum zeylanicum Ness disebut minyak Cinnamon,sementara yang berasal dari Cinnamomum cassia disebut minyakCassia.Minyak kayu manis dipergunakan sebagai flavouring agentdalam pembuatan parfum, kosmetik, dan sabun.

11. Melati (Jasmine)
Minyak bunga melati umumnya dipergunakan sebaga zat pewangi parfum kelas tinggi. Minyak ini biasanya diekspor ke Singapura, Australia, Eropa, Timur Tengah, India, China, dan Thailand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar